Sunday 2 March 2014

Lamonganpos.com - Suwar-suwir adalah salah satu makanan khas Jember, Jawa Timur. Mendengar namanya, mungkin Anda akan berpikir kalau makanan ini adalah makanan yang disuwar-suwir. Namun kenyataannya tidak demikian, Suwar-suwir adalah jajanan semacam dodol, yang menjadi oleh-oleh khas Jember. Penganan ini dibuat dari bahan-bahan berupa tape, tepung, dan gula. Semudian dijemur di bawah sinar matahari matahari agar kering serta tahan lama. Adonannya mirip dengan dodol, namun strukturnya lebih padat. Namun begitu, ketika digigit, jajanan ini begitu lembut serta lumer di lidah. Rasanya manis dan legit, sedikit bercampur asam seperti tape. Manisnya juga tidak terlalu menggigit. Bentuknya kecil kotak memanjang seperti kotak balok mini. Warnanya beraneka ragam, mulai dari hijau, putih, coklat hingga merah.

Suwar-suwir khas Jember memang sangat enak dibuat camilan. jajanan ini juga cocok untuk teman minum teh ataupun saat santai menonton TV maupun mengobrol dengan teman-teman. Makanan ini tak mengenyangkan sebab besarnya hanya sebesar jempol orang dewasa. Jadi, mungkin Anda bisa menghabiskan puluha suwar-suwir saat bersantai, apalagi saat nonton sinetron atau nonton bola hehe. Rasa dari penganan ini bervariasi. Ada yang rasa stroberi dan sirsak. Ada juga yang rasa pandan, vanili dan cokelat. Mulanya suwar-suwir hanya ada rasa cokelat dan vanili. Namun sejak tahun 2000-an, jajanan khas Jember ini mulai dikreasikan dengan bermacam-macam rasa buah serta berwarna-warni.

Konon, jajanan oleh-oleh ini telah ada sejak jaman Belanda. Meskipun ukurannya kecil, suwar-suwir masih bertahan hingga sekarang dan bahkan menjadi ikon oleh-oleh khas Jember. Harganya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per kilogram. Setiap rasa memiliki harga yang berbeda. Rasa original harganya Rp 15.000 per kg, semntara rasa buah harganya Rp 20.000 per kg. Penjual oleh-oleh khas Jember ini terpusat di Jalan Raya Gajahmada. Terdapat sejumlah pilihan toko di sana, Anda bisa memilih yang Anda suka. Kota Jember sendiri juga dijuluki kota tape, lantaran semua jajanan oleh-olehnya terbuat dari bahan tape singkong. Oleh-oleh khas Jember lainnya diantaranya adalah prol tape, dodol tape, serta tape ketan. Namun jika Anda belum sempat mengunjungi Kota Jember, namun ingin mencicipi Suwar-suwir, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dengan Resep Suwar Suwir Khas Jember berikut ini.

Resep Suwar Suwir Jember

Bahan yang dibutuhkan :
  • 500 gram tepung ketan
  • 100 gram tape masak
  • 50 gram tepung beras
  • 1 gelas santan kental
  • 300 gram gula pasir
  • 250 gram gula merah
  • 2/3 sendok teh garam
  • 750 ml susu cair
Cara Membuat :
  1. Tepung beras, tepung ketan, tape, dan garam dicampur jadi satu lalu sisihkan.
  2. Gula pasir, gula merah serta susu cair dimasak lalu disaring.
  3. Masukkanlah ke dalam campuran tepung beras, tepung ketan, tape serta garam.
  4. Sesudah tercampur kemudian aduk hingga menyerupai bubur.
  5. Tuangkanlah santan kental sedikit sedikit.
  6. Aduk hingga kental serta mengeluarkan minyak, kemudian angkat.
  7. Selanjutnya cetak ke loyang, dan dinginkan lalu potong-potong.

0 comments:

Post a Comment